Tentang Interview Kerja


Interview atau yang biasa kita kenal sebagai wawancara kerja, memang seringkali menjadi suatu momok yang terlihat begitu sulit. Terlebih yang mewawancarai adalah HRD dari perusahaan bebsar dan bonafid. Karena itu kita menjadi gugup dan nge-blank ketika ditanya. Sehingga semua itu berdampak buruk pada hasil wawancara ðŸ˜Ÿ

Banyak yang bilang wawancara kerja adalah hal yang membuat stress 😫, dan memang hal itu benar jika yang dimaksud adalah wawancara tingkat tinggi. Dalam artian wawancara dengan tekanan batin yang menggebu. hehe...

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menjadi siasat sebelum hal itu terjadi. Diantaranya adalah bersikap percaya diri dan selalu berfikiran positif. Dengan 2 modal ini saya yakin kamu harusnya sudah mampu mengontrol hal menakutkan didalamnya nanti.

Dibekali persiapan yang matang mulai dari latihan berbicara, percaya diri, mengasah kemampuan yang akan dijui dan lain sebagainya. Hal itu akan menjadikan kamu sosok yang menjadi saingan berat bagi para peserta lain.

Berikut beberapa tips yang lebih terperinci terkait dengan wawancara yang akan kamu ikuti. Mari simak

Latihan

Berlatihlah untuk menjawab setiap kemungkinan pertanyaan yang nanti akan dilontarkan kepada kamu. Langkah mudahnya, buat daftar persyaratan posisi kerja yang akan wawancarai dan hubungkan hal tersebut dengan skill dan pengalaman yang kamu punya.

Pelajari Perusahaan

Ini hal yang penting. Tidak jarang saat wawancara perusahaan sering menanyakan tentang "Seberapa jauh anda tahu tentang perusahaan ini ?". Karena itu cari tahu, googling dan tulis point penting tentangnya. Sehingga pihak HRD terkesan dengan pengetahuanmu.

Datang Tepat Waktu

Yang dimaksud adalah datang ke lokasi interview lebih awal. Ini tidak kalah penting karena menta kamu akan lebih dulu menyesuaikan dengan suasana sekitar. Sehingga kamupun punya waktu beradaptasi lebih lama. Dan juga pastinya kamu bisa datang cepat agar tidak terlambat.

Berusaha Tetap Kalem

Selama wawancara berjalan, cobalah untuk se-rileks mungkin, agar pihak HRD pun nyaman berbicara dengan kamu. Terlebih sebagian dari mereka tahu tentang psikologis dan bahasa tubuh. Karena itu cobalah pelajari dan praktekan di medan perang

Saya kira cukup untuk tulisan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan semoga berhasil 😉

Komentar

Postingan Populer